Memakai aplikasi Alkitab dari SABDA/Yuku untuk Android (Bagian 2)

Lihat bagian pertama di sini.

Melanjutkan post sebelumnya, post ini adalah lanjutan tutorial memanfaatkan aplikasi Alkitab dan teman-temannya (Kamus Alkitab, Peta (Bible Maps), AlkitabPEDIA, dan Tafsiran). Post sebelum ini adalah tentang Kamus Alkitab dan Bible Maps, dan dalam post ini saya akan membahas bagaimana memakai AlkitabPEDIA dan Tafsiran.

Kali ini saya akan memberi contoh dari Perjanjian Baru. Ayat yang akan kita gunakan adalah Galatia 1:1.

Screenshot_2016-01-24-16-36-22

AlkitabPEDIA

AlkitabPEDIA adalah aplikasi semacam ensiklopedia Alkitab. Ensiklopedia itu berisi serba-serbi tentang topik tertentu. AlkitabPEDIA berisi serba-serbi masing-masing kitab dalam Alkitab, dan lebih khusus lagi adalah serba-serbi tiap pasalnya.

Cara membuka AlkitabPEDIA dari aplikasi Alkitab:

Perhatikan bagian yang dilingkari merah. Pilih ayat yang akan dipelajari (dalam contoh ini Galatia 1:1), lalu pilih menu (titik tiga di sebelah kanan atas). Dari menu, pilih Panduan. Ini akan membuka aplikasi AlkitabPEDIA tepat di bagian kitab dan pasal yang pembaca pilih.

Screenshot_2016-01-24-16-47-21
AlkitabPEDIA untuk Galatia 1:1

Dalam AlkitabPEDIA ada banyak keterangan tentang pasal yang sedang aktif. Pembaca bisa scroll ke bawah untuk melihat apa saja yang ada di dalamnya.

Keterangan gambar paling kiri:

  1. Penjelasan singkat tentang pasal yang sedang dipelajari.
  2. Isi pasal. Biasanya berisi satu kalimat saja yang merangkum isi pasal tersebut, kecuali ada beberapa perikop (judul paragraf).
  3. Garis besar. Merupakan ayat-ayat kunci yang menandai perubahan gagasan atau awal cerita yang baru.

Keterangan gambar tengah:

  1. Judul perikop, yaitu satu atau beberapa sub-judul yang ada dalam pasal tersebut.
  2. Tokoh. Siapa saja orang yang disebutkan namanya dalam pasal itu.
  3. Nama dan tempat. Kotak-kotak biru dengan nama dan tempat itu (di gambar kedua) bisa di-klik, untuk membuka Kamus Alkitab.

Keterangan gambar paling kanan:

  1. Kesimpulan dan Fakta. Kurang lebih isinya adalah pelajaran apa yang bisa dipetik dari pasal yang bersangkutan.

Kalau pembaca ingin tahu, sebenarnya seperti apa latar belakang kitab Galatia secara keseluruhan, pembaca bisa melihatnya juga dari AlkitabPEDIA.

Perhatikan Gb. 1. Pilih tanda yang dilingkari merah, kemudian pilih Intro (lingkaran hijau). Akan muncul latar belakang kitab Galatia secara keseluruhan. Pembaca bisa scroll ke bawah karena penjelasannya cukup panjang.

Aplikasi AlkitabPEDIA ini sangat berguna, terutama dalam mempelajari kitab nabi-nabi (Yesaya, Yeremia, Yoel, Amos, dsb) dan surat (Roma, Korintus, Galatia, dst). Banyak orang menganggap kitab nabi-nabi Perjanjian Lama sulit dimengerti, padahal masalahnya adalah mereka tidak tahu konteks nubuat nabi tersebut. Kepada siapa dia berbicara? Bagaimana keadaan sosial-politik saat itu? Itu semua menentukan isi nubuatnya. Demikian pula dengan surat-surat dalam Perjanjian Baru. Pembaca mungkin bingung mengapa Paulus membuka surat Galatia dengan nada emosi, atau mengapa dalam kitab Ibrani banyak digunakan gambaran ibadah Perjanjian Lama. Dengan mengetahui latar belakangnya, pembaca bisa mengerti makna teks Alkitabnya.

Tafsiran

“Menafsirkan perkataan orang itu,” berarti menemukan makna dalam perkataannya, dan menjelaskannya lagi. Menafsirkan firman Tuhan berarti menemukan makna dalam teks Alkitab, dilanjutkan dengan mencari aplikasinya dalam kehidupan kita sehari-hari. Langkah pertama dalam mempelajari teks Alkitab adalah mencari data (siapa, apa, kapan, di mana, mengapa – 5W1H) dan untuk langkah ini kita dibantu tiga aplikasi yang sudah saya bahas: Bible Maps/peta, Kamus Alkitab, dan AlkitabPEDIA. Setelah menemukan data-data dalam teks yang bersangkutan, kita lalu menafsirkannya dengan satu pertanyaan dalam pikiran: “Jadi apa maksudnya teks ini?”

Tafsiran adalah bala bantuan terakhir yang fungsinya sebagai pembanding hasil pelajaran kita. Isinya adalah hasil pemikiran orang-orang yang sudah menemukan makna dalam teks yang bersangkutan, sehingga kita bisa mencocokkan pemahaman kita dengan pemahaman mereka, dan mendapat masukan yang berharga – siapa tahu ada yang terlewat dari pengamatan kita.

Berikut ini adalah cara membuka Tafsiran dari aplikasi Alkitab.

Screenshot_2016-01-24-17-21-54

Dari Menu, pilih Tafsiran (lingkaran merah), dan ini akan membawa pembaca masuk aplikasi Tafsiran.

Screenshot_2016-01-24-17-23-48

Ada beberapa macam tafsiran yang disediakan. Untuk Galatia 1:1 ada MHC (Matthew Henry Commentary) – atau MHCC (Matthew Henry Concise Commentary) (ringkasannya), TSK (Treasury of Scripture Knowledge), Wycliffe (John Wycliffe), Jerusalem, dan SH (Santapan Harian). Ada beberapa ayat yang tafsirannya jauh lebih banyak dibanding ayat lain, dan ada juga ayat yang sangat sedikit tafsirannya. Pembaca bisa melihat satu per satu tafsiran tersebut, cukup dengan meng-klik judul tafsiran yang ingin dilihat.

Apabila pembaca masih kesulitan menafsir teks Alkitab sekalipun sudah dibantu dengan Bible Maps, Kamus Alkitab, dan AlkitabPEDIA, pembaca bisa mendapat bantuan dari Tafsiran. Sekedar pengingat, tafsiran ini adalah hasil pemikiran manusia, jadi gunakan ini hanya sebagai pembanding, bukan disejajarkan dengan teks Alkitabnya sendiri. Sebelum membaca tafsiran, sebaiknya pembaca sudah punya penafsiran sendiri untuk dibandingkan.

Kesimpulan

Khotbah yang didengar pembaca setiap hari Minggu adalah hasil dari penafsiran teks Alkitab yang dicari relevansinya dalam kehidupan sehari-hari. Nah, untuk orang umum, apa manfaatnya belajar Alkitab?

  • Makin mengenal Tuhan karena memahami firman-Nya, dan tahu apa yang Tuhan mau kita lakukan
  • Mencari tahu apakah pengajaran di gereja atau khotbah yang didengar pembaca itu sesuai firman Tuhan (terutama kalau pengajarannya kontroversial)
  • Menjelaskan pada orang lain tentang teks Alkitab yang sudah dipelajari oleh pembaca

Dulu, hanya orang-orang yang sekolah Alkitab yang punya akses untuk mempelajari firman Tuhan. Zaman kakek-nenek kita, boro-boro belajar Alkitab, bisa membaca saja sudah lumayan. Tapi sekarang, Tuhan bekerja lewat teknologi informasi sehingga di mana-mana orang Kristen bukan hanya bisa membaca, tetapi juga mempelajari firman Tuhan. Mari manfaatkan itu semua untuk semakin mengenal Tuhan!🙂

Link download AlkitabPEDIA dan Tafsiran.

Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna,
yaitu hukum yang memerdekakan orang,
dan ia bertekun di dalamnya,
jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya,
tetapi sungguh-sungguh melakukannya,
ia akan berbahagia oleh perbuatannya.

-Yakobus 1:25

2 thoughts on “Memakai aplikasi Alkitab dari SABDA/Yuku untuk Android (Bagian 2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s