Ulasan Buku: The Baptism with the Holy Spirit

Cover buku yang aku baca, terbitan tahun 1972

Buku yang baru aku baca ini tulisan R. A. Torrey (1856-1928). Bukunya pertama kali terbit tahun 1895 *ya ampun*, jadi sudah pasti buku ini cukup objektif dalam membahas baptisan Roh Kudus, karena buku ini ditulis puluhan tahun sebelum gerakan Kharismatik dimulai. Kalo ada yang tau Biola University di Amrik, Torrey ini pernah jadi dekan di sana. Pandangan teologis Torrey secara umum konservatif-alkitabiah. Buku ini adalah buktinya; dia ga memihak pada denominasi tertentu, tapi mempelajari Alkitab dengan hati-hati. Pada masa Torrey, topik baptisan Roh Kudus belum ngetop. Kalo sekarang mungkin agak sensitif membahas fenomena second blessing (baptisan Roh Kudus yang terjadi setelah – bukan bersamaan dengan – pertobatan), tapi di buku ini Torrey membahasnya dengan tenang dan terarah.

Posisi Yang Jelas

Bagi Torrey, baptisan Roh Kudus bukan pilihan; orang-orang yang mau melayani Tuhan harus menerima baptisan Roh Kudus, karena ini berkaitan dengan kuasa. Aku suka dengan posisi ini, karena banyak penulis buku tentang Roh Kudus yang serba abu-abu dan ga jelas jadi pembacanya harus gimana setelah baca buku mereka. Torrey jelas; dia mendorong pembacanya untuk membereskan hubungan mereka dengan Tuhan dan meminta baptisan Roh Kudus. Aku sebagai pembaca jadi yakin bahwa dia sudah sungguh-sungguh memikirkan dan mendoakan apa yang akan dia tulis di buku ini, sebelum diformulasikan jadi pengajaran.

Cover buku terbitan baru

Alkitabiah

Torrey membahas banyak ayat yang mengokohkan adanya baptisan Roh Kudus setelah pertobatan. Dia membahas apa yang jelas-jelas diceritakan dalam Alkitab, terutama Kisah Para Rasul dan Injil. Kalo sekarang ada anggapan bahwa tulisan-tulisan naratif dalam Perjanjian Baru itu tidak normatif (wajib dituruti) – ga seperti tulisan Paulus yang sifatnya eksposisi, bernada imperatif (kalimat perintah), dan dengan demikian jadi normatif – Torrey jelas tidak punya pengkotak-kotakan seperti itu. Buat dia, Alkitab adalah Alkitab; dan apa yang ditulis di Alkitab berlaku buat kita sekarang; apalagi Kisah Para Rasul yang jelas-jelas berhubungan dengan gereja masa kini. Jadi Torrey menulis tanpa sedikitpun keraguan bahwa apa yang terjadi dalam Kisah Para Rasul bisa dan masih harus berlaku juga bagi kita pada masa kini.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Torrey beranggapan bahwa baptisan Roh Kudus penting, bukan untuk keselamatan, tapi untuk memperlengkapi orang yang melayani Tuhan. Kata kuncinya di sini adalah kuasa dan ini berkali-kali ditekankan oleh Torrey – menunjukkan bahwa inilah yang harus diperhatikan sungguh-sungguh oleh mereka yang melayani Tuhan.

“Janji Bapa”

Salah satu yang menarik adalah penekanan Torrey yang berulang-ulang tentang “janji Bapa”, yaitu Roh Kudus sendiri. Pembaca dituntun untuk melihat bahwa Roh Kudus itu dijanjikan oleh Tuhan bagi orang-orang yang telah menerima Kristus. Argumen-argumennya sederhana namun meyakinkan. Torrey kebanyakan mendasarkan argumennya pada pernyataan Yesus sendiri.

Cover buku versi http://www.amazon.com

Bahasa Roh?

Nah, yang ini ga dibahas tersendiri oleh Torrey. Bukannya dia ga setuju dengan bahasa roh kok. Torrey menyebutkannya secara sekilas di berbagai tempat. Tapi baginya, kepastian bahwa seseorang telah menerima baptisan Roh Kudus bukan dari bahasa roh, melainkan dari kepastian dalam firman Tuhan. Dia tidak memungkiri kemungkinan Tuhan bekerja dengan cara-cara yang tidak biasa, tapi jaminan utama tetap dari firman. Menurutku, buat banyak orang Pentakosta-Kharismatik sekarang, ini adalah peringatan yang penting.

Aku merekomendasikan orang-orang Kristen yang ga rempong masalah denominasi dan pengen tau apa yang Alkitab ajarkan untuk baca buku ini. Bukunya tipis, ukurannya bahkan ga sampe A5 dan tebelnya cuma 82 halaman. Sebentar juga abis. Tapi kalo baca buku ini, pegang highlighter di tangan, atau pulpen buat tulis-tulis dan garisbawahi hal-hal yang penting. Banyak yang bisa kita pelajari dari studi yang dilakukan Torrey. Orang-orang yang sungguh-sungguh ingin tahu tentang kehendak Tuhan dalam firmanNya, setelah selesai baca buku ini pasti pengen berdoa minta baptisan Roh Kudus.🙂

One thought on “Ulasan Buku: The Baptism with the Holy Spirit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s