Rencana Tuhan?

“Gue masih nyari rencana Tuhan dalam hidup gue.”

Asik banget tuh. Aku pernah mengalami masa-masa baru lulus kuliah, 1-2 tahun pertama rasanya sumpek banget: bener-bener ga ngerti hidup mau dibawa ke mana! Tiba-tiba harus menghadapi dunia. Kita yang mengasihi Tuhan tentu penasaran dengan apa sebenernya rencana Tuhan dengan hidup kita. Kalo ketemuan sama temen-temen seangkatan jaman kuliah dulu, yang diobrolin ya ga jauh-jauh dari kerjaan, pelayanan, dan ujung-ujungnya bertanya-tanya, sebenernya Tuhan mau bawa ke mana.

Memang dari sononya natur manusia adalah ingin mengamankan masa depannya. Orang-orang barat melakukan itu dengan cara ngumpulin uang pensiun. Orang-orang timur? Tentu berencana minta duit dari anaknya kalo uda tua. Wkwkwk. Pokoknya sama-sama pengen sejahtera mulu. Ga ada yang mau hidup susah dong? Dan itu juga sebabnya kita penasaran banget dengan rencana Tuhan bagi kita, karena kita bisa siap-siap protes seandainya rencanaNya itu melibatkan hidup super hemat, tidak nyaman, penolakan dari orang lain, dsb. Mendingan Tuhan ganti rencana dong. Yang buat saya yang enak-enak aja. Oke, Tuhan?

Loh. Nah kan, ketauan motivasi utamanya.. Ya, kita kepo dengan rencana Tuhan buat hidup kita, biasanya karena kita takut kehilangan kenyamanan kita. Gimana kalo Tuhan panggil aku jadi misionaris? Jadi pekerja sosial?? Jadi orang yang tidak kaya?? Tidaaakk.. Itu pasti bukan rencana Tuhan! Tolak! *loh* Intinya, jangan sampe lepas dari kamar dengan spring bed dan AC yang nyaman, bisa jalan-jalan ke mol semaunya naik mobil bagus dan makan enak. Apa? Ada yang bilang amin?? Hahaha..

Setelah motivasi aslinya dibongkar, kita lanjut yuk. Apa yang Yesus katakan tentang rencana Tuhan? Sebenernya pertanyaannya kan, “Tuhan mau aku melakukan apa dalam hidupku?” Jawaban Yesus kira-kira begini nih:

“Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah, ladang-ladang telah menguning dan siap untuk dituai.”

“Aku akan menjadikan engkau penjala manusia.”

“Kamu akan menjadi saksiKu, …sampai ke ujung bumi.”

Beberapa tahun lalu, aku belajar hal yang penting tentang pekerjaan Tuhan dalam hidupku. Bukan aku yang menentukan aku mau melakukan apa buat Tuhan. Prinsipnya begini: Apa yang sedang Tuhan kerjakan di sekelilingku? Ambil bagian di dalamnya! Seperti yang tersebut di ayat pertama: “Lihatlah sekelilingmu.” Kapan kita terakhir mengarahkan pandangan keluar dari diri kita sendiri, hidup kita sendiri, masa depan kita sendiri? Jangan maunya jump into the far future melulu. Lihat sekelilingmu sekarang. Apa yang Tuhan kerjakan di situ? Dia bukan berjanji akan memberi kita hidup yang serba nyaman kalo ikut Dia, tapi Dia akan menjadikan kita penjala manusia, orang-orang yang membawa orang lain kepada Dia.

Rencana Tuhan bagi kita itu tidak egois. Rencana Tuhan bukan cuma untuk kepentingan kita sendiri. Rencana Tuhan adalah agar kita melayani siapa yang ada di sekeliling kita. Tuhan ga akan berbuat banyak lewat orang-orang yang ga mau susah, karena orang-orang itu ga seperti Dia, yang repot-repot turun dari surga, lahir sebagai manusia, bukan orang kaya, hidup serba tertolak, mati menderita pula. Tuhan akan berbuat banyak melalui (baca juga: bagi) orang-orang yang meletakkan egonya di kaki salibNya dan berkata, “Tuhan, pakailah hidupku,” dan mulai melibatkan diri dalam apa yang Tuhan kerjakan, di gerejanya, di komunitasnya, di kampusnya, di tempat kerjanya.

Jadi gimana nih sekarang?? Udalaah, apa yang ada dikerjain aja sebaik-baiknya, dan serahkan semua yang “masa depan” itu ke Tuhan. Kata C. S. Lewis, masa depan akan segera terjadi dalam 60 detik (bener juga!), jadi jangan kuatir. Tuhan itu kerjanya hari demi hari, selangkah demi selangkah, jadi jangan gugup. Rencana Tuhan buat kamu? Itu tuh, pekerjaan kamu sekarang, dan pelayanan hari Minggu nanti. Oh, ada juga orang-orang yang perlu dikasihi di keluarga dan di antara temen-temen kamu. Ayo, kerjakan rencana Tuhan!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s