Tentang Baptisan

Gereja Protestan menetapkan dua sakramen yang wajib dilaksanakan oleh gereja (sebagai lembaga rohani) yaitu baptisan dan Perjamuan Kudus. Dalam kebanyakan denominasi gereja yang cukup besar di Indonesia, dua sakramen ini saling berhubungan, yaitu orang yang telah dibaptis perlu mengikuti Perjamuan Kudus, dan orang yang mengikuti Perjamuan Kudus haruslah orang yang sudah dibaptis. Dalam bagian ini, yang akan dibahas lebih dulu adalah tentang baptisan.

Gambar dari http://www.gettyimages.com

Mengapa dibaptis?

Baptisan adalah perintah Tuhan Yesus. Sebelum Yesus naik ke surga, Ia memberi perintah pada murid-muridNya untuk menjadikan semua bangsa muridNya, membaptis mereka dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus, dan mengajar mereka melakukan apa yang telah Yesus ajarkan pada murid-muridNya. Tiga hal ini tidak terpisah.

Baptisan adalah tanda pertobatan. Kisah-kisah dalam keempat Injil dibuka dengan pelayanan Yohanes Pembaptis. Berita yang ia bawa sangat jelas: “Bertobatlah.” Lalu orang-orang memberi diri mereka dibaptis sebagai tanda pertobatan. Ketika Petrus berkhotbah dan tiga ribu orang percaya pada Yesus, mereka bertanya apa yang harus mereka lakukan dan Petrus menjawab, “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.”

Bertobat berarti meninggalkan hidup yang lama dan memberikan diri kepada Yesus Kristus untuk hidup bagi Dia. Dalam baptisan, masuknya seseorang ke dalam air menunjukkan kematiannya untuk manusia lama, dan keluarnya dia dari air menunjukkan hidup yang baru di dalam Kristus (lihat Roma 6:3-4, Kolose 2:12). Dengan demikian, baptisan juga adalah deklarasi iman kita di dalam Tuhan Yesus. Sida-sida yang percaya pada pemberitaan Filipus meminta untuk dibaptis; Kornelius dibaptis setelah Roh Kudus menyatakan karuniaNya atas dia; orang-orang di Samaria yang menerima kebenaran di dalam Yesus juga dibaptis; dan Paulus membaptis kepala penjara di Filipi.

Baptisan adalah tanda komitmen kita dengan Allah dan tubuh Kristus (gereja). Penting untuk kita ketahui bahwa baptisan tidak berpengaruh pada keselamatan (Alkitab tidak mengidentifikasi keselamatan dengan baptisan), namun baptisan sangat penting dalam hidup kita sebagai bagian dari tubuh Kristus, yaitu gereja. Sangat salah bila kita berpikir, “Yang penting nanti kalau mati saya masuk surga,” karena keselamatan bukan hanya tentang hal itu. Kita dipanggil untuk masuk dalam Kerajaan dan keluarga Allah; kita dipanggil untuk menjadi bagian dari gereja secara universal dan lokal; kita perlu menyatakan komitmen dengan gereja lokal untuk melayani, beribadah, memberi dan menjalankan tugas kita sebagai anggota tubuh Kristus – dan hal itu ditunjukkan pertama-tama lewat baptisan.

Apakah mungkin bagi seorang Kristen untuk terlibat dalam gereja lokal tanpa dibaptis? Ya. Tapi itu seperti seseorang yang telah menikah yang tidak mengenakan cincin kawin. Cincin itu bermakna ganda: menunjukkan pada orang lain bahwa ia berkomitmen pada satu pasangan, dan untuk mengingatkan dia bahwa ia sudah punya komitmen pada pasangannya. Demikianlah baptisan menunjukkan komitmen kita pada gereja dan mengingatkan kita bahwa kita telah berkomitmen pada gereja di tempat itu untuk melayani Tuhan dan jemaat di sana.

Menanggapi baptisan

Banyak orang menganggap remeh baptisan, menganggap sakramen ini tidak terlalu penting, danm “Yang lebih penting adalah hubungan pribadi seseorang dengan Tuhan.” Ya, hubungan pribadi seseorang dengan Tuhan sangat penting. Namun kita kembali pada Alkitab: orang yang percaya pada Yesus hendaknya memberi diri dibaptis. Komitmen kita kepada Tuhan Yesus dan gereja lokal ditunjukkan lewat baptisan. Steven Furtick memberi pernyataan yang bagus:

“Following Christ is not like following Bieber on Twitter. He gives us some commands. One of them is baptism.”

3 thoughts on “Tentang Baptisan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s