Siapa Menghibur Siapa?

Di malam hari, aku lagi butek sendiri waktu baca Injil Yohanes tentang pembicaraan terakhir Yesus dengan murid-muridNya pada makan malam Paskah sebelum Dia ditangkap. Sambil melihat-lihat bahasa Yunani (bahasa asli teks Perjanjian Baru — ceritanya lagi belajar), aku coba ‘kulik’ apa sebenernya maksudnya Yesus. Banyak kata-kata yang bikin aku bingung. Akhirnyaaaa.. Aku ambil keputusan buat baca dulu renungan saat teduh sebelum terusin kulik lagi. Dan ini yang aku baca:

The Lord Jesus promised us peace in crisis. Just hours before His own crucifixion, Christ comforted His disciples with these words: “Peace I leave with you, My peace I give to you; not as the world gives do I give to you. Let not your heart be troubled, neither let it be afraid” (John 14:27).

Tuhan Yesus menjanjikan kita damai dalam krisis. Hanya beberapa jam sebelum penyaliban-Nya sendiri, Kristus menghibur murid-murid-Nya dengan kata-kata ini: “Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu” (Yohanes 14:27).

Waktu baca bagian itu, aku tercenung. Dan aku mikir, Yesus ngomong kata-kata ini menjelang penyalibanNya. Kalau ada orang yang ketakutan pada malam itu… Orang itu adalah Yesus — dan Dia malah menghibur murid-muridNya!

Siapa yang sebetulnya perlu dihibur? Siapa yang perlu dikuatkan? Kalo liat situasinya Yesus, kita ga akan menyalahkan Dia kalo dia galau-galau dikit malam itu. Dan kita akan maklum kalo Dia nangis; kita akan bilang bahwa sah-sah aja kalo Yesus mengasihani diri sendiri. Dia tau Dia akan mati besoknya! Tapi lihat apa yang terjadi: Dia yang akan menghadapi penderitaan persis malam itu juga, malah menghibur orang lain yang ga akan menderita seperti diriNya.

Dipikir-pikir, aku sendiri pernah mengalami kejadian seperti itu dalam skala kecil. Ada kalanya aku sedih sekali, kuatir, ato lagi ada beban pikiran, tapi aku ga cerita ke orang lain. Dan waktu itu terjadi, malah ada orang lain yang curhat ke aku. Dan Tuhan kasi hatiNya yang berbelas kasihan buat orang lain di dalam hatiku, jadi aku mau-mau aja dengerin curhatan dan kasi masukan. & guess what? Justru waktu aku memberi penguatan pada orang lain, waktu aku bukan fokus pada betapa susahnya keadaanku, aku sendiri dikuatkan. Kata-kata penghiburan yang keluar dari mulutku itu seperti pedang bermata dua: kena ke orang yang aku hibur, dan kena ke diri sendiri juga.

Teman, ga selalu ada orang yang mau atau bisa dengerin keluh-kesah kita waktu kita susah. Ga selalu ada orang yang bisa menghibur kita. Tapi kita punya Tuhan Yesus, yang berjanji bahwa Dia memberi kita damai sejahtera yang ga bisa dirampas atau diganti oleh dunia ini; dan kita punya Roh Kudus, penghibur dan sahabat kita yang setia. Ayo kita jangan terjebak pada rasa mengasihani diri sendiri yang ga abis-abis; justru, seperti Yesus, jadilah berkat buat orang lain. Kuatkan orang lain. Layani orang lain. Sembah Tuhan. Kita akan kaget dengan betapa kita sendiri dibangun waktu kita membangun orang lain. Tuhan Yesus sendiri bilang: “Barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu” (Yohanes 14:12). Kita juga bisa seperti Kristus, karena Dia memampukan kita!🙂

Sementara itu.. “Kalo aku susah, siapa yang peduli sama aku?” Tuhan peduli. Tuhan ngerti kok. Tuhan sahabat kita yang terbaik, termasuk waktu kita ga bisa mengungkapkan kesusahan kita lewat kata-kata. Dan kita semua yang ada di dalam Kristus sudah mendengar janji ini, kan? Dia yang berjanji, adalah Tuhan yang setia.

“Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur.”

When you serve others, God will take care of you.🙂

Gambar dari Getty Images

One thought on “Siapa Menghibur Siapa?

Leave a Reply

