Doa Yang Sederhana: Seorang Bapak

“Aku percaya. Tolonglah aku yang tidak percaya ini!”

Setelah doa murid-murid Yesus (silakan baca postingan sebelumnya), doa ini adalah salah satu yang paling menggugah hatiku sepanjang aku baca berbagai cerita tentang doa orang-orang di Alkitab. Dan aku sendiri menaikkan doa ini dalam keterbatasanku sebagai manusia.

Ceritanya, Yesus baru turun dari gunung tempat Ia mengalami transfigurasi (coba di-google kata itu😉 dan ternyata ada keributan di bawah karena ada seseorang yang membawa anaknya yang kerasukan setan kepada murid-murid Yesus untuk ditolong, tapi mereka tidak bisa mengusir setan itu. Sang bapak menjelaskan dengan prihatin bagaimana setan itu menyakiti anaknya dan akhirnya ia berkata, “Sebab itu jika Engkau dapat berbuat sesuatu, tolonglah kami dan kasihanilah kami.”

Yesus menegur (mungkin bisa dibilang ‘menghardik’) orang itu: “Katamu: jika Engkau dapat? Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!”

Terkejut dan menyadari kesalahannya, bapak itu langsung berseru, “Aku percaya. Tolonglah aku yang tidak percaya ini!”

Ada kalanya aku bertanya-tanya, sanggupkah Tuhan menolong aku? Atau aku baca Alkitab dan ada hal-hal yang aku ga paham. Atau terjadi sesuatu dalam hidup yang bikin aku bertanya-tanya, “Tuhan, di mana Engkau?” Di waktu-waktu seperti itu aku merasa aku lagi ngomong seperti bapak tersebut: “Jika Engkau dapat berbuat sesuatu, Tuhan, lakukanlah sesuatu.”

Dan teguran itu pun buat aku: “Kenapa kamu berkata begitu? Apakah kamu tidak percaya?”

Aku percaya. Tapi aku tidak percaya. Dalam rasa kalut dan keinginan yang sangat besar untuk percaya, aku menyatakan pengharapanku satu-satunya kepada Dia sembari minta Dia menolong aku buat percaya; doa ini adalah doaku juga: “Aku percaya. Tolonglah aku yang tidak percaya ini!” Sebenarnya aku sedang berkata, “Tuhan, aku tau imanku kecil, tapi aku tau aku hanya punya Tuhan. Aku mau percaya. Tolonglah aku, Tuhan. Buat aku percaya sepenuhnya pada Tuhan.”

Dan doa itu dijawab.🙂

Read it in English.

Gambar dari http://www.gettyimages.com

One thought on “Doa Yang Sederhana: Seorang Bapak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s