Doa Yang Sederhana (Simple Prayers)

Click here if you prefer to read in English.

Inspirasi menulis tentang topik ini datang waktu aku mengalami kekeringan rohani beberapa hari yang lalu. Jadi ceritanya, aku di gereja, tapi aku ga konsen ikut ibadah dan ‘ga dapet apa-apa’ dari ibadah itu. Aku pikir, ini tentu aku sendiri yang bermasalah, karena orang lain baik-baik aja dan menikmati ibadahnya. Lalu tiba-tiba aku inget sebuah permintaan dari murid-murid Yesus – permintaan yang sangat sederhana:

“Tuhan, ajarlah kami berdoa.”

Kalimat pendek itu sangat menginspirasi aku, dan aku mulai mikir tentang doa orang-orang di dalam Alkitab. Tentu Alkitab penuh cerita orang yang berdoa, tapi ada beberapa doa yang secara khusus berkesan buat aku. Dalam seri ini aku akan bahas beberapa dari antaranya. Ga semuanya bisa dibahas (nanti kepanjangan), tapi aku berusaha mencakup semua jenis doa yang direspon oleh Tuhan. Ada orang-orang yang marah pada Tuhan, ada yang mengadu pada Dia, ada yang memuji Dia, ada yang meminta, dan berbagai jenis lainnya. Dan setiap jenis doa bikin aku makin ngerti bahwa Tuhan adalah Tuhan yang menghargai seruan hati kita.

Kita akan mulai dengan Abraham dari kitab Kejadian, dilanjutkan terus sampai akhir Perjanjian Baru. Yang akan aku bahas adalah doa-doa yang terucap. Aku yakin Ishak, Yusuf, murid-murid Yesus, dan banyak orang lain juga berdoa, tapi karena Alkitab tidak mencatat kata-kata doa mereka, kita tidak membahas tentang mereka. Nanti kalo ada seri baru lagi baru dibahas lah ya.. Haha. Selamat membaca, Tuhan memberkati!🙂

Leave a Reply

