Belajar Dari Sejarah

“Apa yang kamu pikirkan kalo denger kata ‘sejarah’?”

Yah, pasti banyak orang jawab, “Bosen,” atau “Eneg,” atau “Ga suka”. Pokoknya reaksi negatif. Sejujurnya aku belom pernah denger orang yang bersemangat waktu belajar sejarah. Haha.. Daaaann, aku termasuk salah satu geek yang betah – bahkan bersemangat – belajar sejarah. Yah, mungkin keturunan dari si papa yang juga doyan sejarah. Aku selalu terkagum-kagum kalo denger dia cerita tentang ini itu waktu aku kecil dulu. Rasanya kok pengetahuannya luaaaasss banget – dan aku jadi termotivasi buat tau ini itu juga! Hehe.

Taukah pembaca, bahwa hidup kalian juga adalah sejarah – dan bahwa keberadaan kalian sekarang adalah sebagai history makers? Sejarah itu bukan sesuatu yang membosankan (kalo ngapalin taun dan tempat mah iya, membosankan – tapi sejarahnya sendiri engga kok). Kita bahkan belajar banyak dari sejarah. Aku masih inget banget waktu SMP aku belajar buat ulangan sejarah, dan sambil belajar aku ngomong ke mama, “Ma, kok bisa ya, Soekarno mau mengangkat diri jadi presiden seumur hidup? Aneh banget ga sih..” Dan dia jawab,

“Kalo orang uda jadi presiden lebih dari sepuluh tahun tuh ya begitu kelakuannya.”

Dulu aku bertanya-tanya gimana dia bisa ambil kesimpulan seperti itu. Tapi setelah aku tau sejarah negara ini dan itu, diktator ini dan itu, rezim ini dan itu yang berlangsung puluhan tahun, aku jadi sadar bahwa mama belajar dari sejarah: ga baik terlalu lama berada di posisi nomor satu di sebuah negara. Orang baik pun jadi jahat kalo terlalu lama pegang kekuasaan! Pengalaman itu begitu berkesan, dan aku jadi belajar menganalisa sumber-sumber informasi yang aku tau. Itulah sejarah buat aku.

Kita semua punya sejarah. Ada yang sejarah hidupnya baru belasan tahun, ada yang uda beberapa puluh tahun. Dan sejarah itu penting buat dipelajari. Apa tujuannya? Supaya kita ga mengulang sejarah tersebut. Sejarah yang terulang-ulang menunjukkan kualitas yang ga berubah. Kalo tentang Tuhan, ga berubah mah hal yang sangat positif. Tapi buat kita, manusia, kalo sampe ga berubah-berubah, itu masalah besar! Contohnya, mengampuni orang. Dulu aku susah mengampuni. Usut punya usut, ada hal-hal yang perlu diberesin, pengalaman yang bikin trauma, dan hal ini-itu yang bikin aku susah mengampuni. Setelah itu semua dirapikan, aku belajar buat hidup lebih santai, lebih banyak mengasihi, dan – alhasil – lebih bisa mengampuni. Nahh, kalo dulu aku susah maafin orang dan sekarang pun sama aja, gimana ini?? Hidupku mandeg. Life stopped at 20? :p

Kalo mau menekuni musik dan berniat jadi musisi, belajarlah dari para pendahulu yang menekuni dunia itu. Belajar dari kesalahan dan keberhasilan mereka, pengalaman mereka, cara mereka mengatasi masalah, dan sebagainya. Dalam setiap bidang lain pun begitu. Ketidakmauan buat belajar bakal bikin kita jadi orang-orang yang merasa hebat, padahal sebenernya ga punya pengetahuan apa-apa. Jangan sampe lah, kita seperti itu..

Sama seperti mata pelajaran lainnya, musuh nomer satu buat belajar dari sejarah adalah rasa malas. Jujur, dan dengan sedih hati, aku sering banget ketemu orang-orang yang terlalu cepet lupa dengan pelajaran-pelajaran dalam hidup mereka dan selaluuu aja merasa uda cukup pinter tanpa harus belajar dari apa yang sudah terjadi. Alhasil ga ada perubahan dalam diri mereka. Beberapa tahun yang lalu, waktu terakhir ketemu, orangnya sifatnya begitu. Kemaren, waktu akhirnya ketemu lagi, kok sifatnya masih begitu-begitu aja?? Bisa aja orang bikin alasan, “Yaah, yang penting ga makin jelek aja lah.” Kalimat itu bener sih – buat orang-orang bermental medioker. Yang bener, kalo kita mau makin dewasa, ya belajar lah jadi orang yang lebih baik. Belajarlah dari sejarah.

Ga perlu mulai dari ngapalin tahun dan tempat. Itu bukan inti dari sejarah. Coba inget-inget dan belajar menganalisa pengalaman diri sendiri maupun orang lain. Mari belajar dari sejarah.🙂

Leave a Reply

