Mistis!

Waktu lagi terjadi bencana di mana-mana beberapa waktu lalu, aku dapet bbm yang cukup meyakinkan, karena pake data segala. Bbm itu menyebut tentang bencana-bencana besar yang terjadi di berbagai belahan dunia selama abad lalu dan abad ini – dan semua (yang disebut di daftar itu) bertanggal 26. Termasuk di dalamnya adalah 2 bencana terakhir yang menimpa Indonesia: tsunami di Mentawai dan erupsi gunung Merapi di Jawa Tengah, yang sama-sama terjadi tanggal 26 Oktober 2010.

Setelah itu, sebagai kesimpulannya, bbm tersebut ditutup dengan kutipan ayat Hagai 2:6 yang (katanya) bunyinya: “Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam: Sedikit waktu lagi maka Aku akan menggoncangkan langit dan bumi, laut dan darat.” Nah, itu dia ‘misteri’ angka 26 – makanya kita jangan sembarangan!

Betulkah begitu?

Aku baru buka Hagai 2:6 hari ini, dan aku bingung karena isinya kok bukan begitu? Ternyata, kata seorang teman, itu Hagai 2:6 dalam bahasa Inggris, bukan Indonesia. Yahh, kok ga asik sih, pilih ayat yang beda isinya dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Ckck. Akhirnya aku jadi prihatin dengan cara berpikir yang seperti itu.

Sebagai orang yang pernah hampir kehilangan iman karena pengaruh ateisme, aku sangat susah percaya hal-hal mistis, termasuk yang mistis rohani. Di sisi lain, mengingat ini Indonesia, negara yang emang cukup hobi sama hal-hal mistis (dan itu bukan berarti negara kita ‘terbelakang’ dibanding negara-negara barat ya), aku maklum kalo orang-orang di sekitarku suka mengait-ngaitkan fenomena yang terjadi dengan hal-hal mistis itu.

Tapi bukankah Alkitab juga mengakui bahwa ada hal-hal yang supernatural, yang tidak bisa dijelaskan oleh manusia? Jadi aku juga berpendapat bahwa ga bener kalo kita cuma mengandalkan logika dan meniadakan sama sekali hubungan dengan hal-hal supernatural.

Masalahnya, sejauh mana kita boleh ‘memistiskan’ suatu fenomena? Sebenernya sederhana sekali, kita tidak perlu memistiskan apapun. Buat aku, posisi terbaik dari seorang kristen adalah pemerhati, bukan hakim. Bener bahwa ini adalah akhir zaman, bener bahwa kita harus bertobat ketika kita berbuat dosa, bener sekali bahwa Indonesia membutuhkan belas kasihan Tuhan. Tapi kita tidak punya kapasitas untuk membuat Alkitab mengatakan apa yang tidak ia katakan. Bukan hak kita untuk bilang bahwa ada sesuatu dengan angka 26 – kalo itu bukan sesuatu yang dinyatakan oleh Firman Tuhan sendiri.

Dan kita harus ingat apa fokus karya Allah dalam hidup kita: membuat kita menjadi serupa dengan Kristus. Manusia ga akan berenti mencari hal baru untuk memuaskan kehausan mereka akan hal-hal yang ‘wah’ atau menarik untuk didengar. Tapi apakah pengetahuan itu membuat kita makin serupa Kristus? Apakah hal-hal mistis itu membuat karakter kita makin baik, ato malah meracuni pikiran kita? Apakah hal-hal mistis tersebut berguna untuk diketahui?

AW Tozer adalah seorang hamba Tuhan yang memiliki reputasi luar biasa – sampe di nisan makamnya tertulis: AW Tozer – A man of God. Dan dia menikmati hubungan yang indah dengan Tuhan dengan cara-cara yang meditatif, yang dianggap mistis oleh sebagian orang. Di sisi lain ada juga pemikir yang luar biasa seperti CS Lewis, dengan logika yang luar biasa. Keduanya berguna di tangan Tuhan, dan itulah yang penting! Bukan masalah mistis atau logis, bukan masalah sarananya, tapi kualitasnya. Mistis yang ga berguna dalam hal pengenalan akan Tuhan, ga akan ada gunanya selain jadi ear-candy untuk sementara – hiburan sesaat, lah. Buat apa yang ga jelas begitu? Dan sebaliknya – kalo kemampuan berpikir logis ga kita pakai untuk mengenal Tuhan, buat apa pula? Kita akan tersesat dalam pikiran kita sendiri.

Jadi begitulah kira-kira pendapatku dalam hal ini. Balik lagi ke Hagai 2:6.. Menurut aku pengedar bbm itu harusnya baca ayat-ayat berikutnya, karena ayat itu sama sekali bukan ngomongin gempa bumi. Yah, marilah kita lebih bijak lah ya, jangan apa-apa dipaksa sesuai keinginan kita. Let God be God.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s