Cinta Dari Tiga Tahun Lalu

Setiap tahun di waktu-waktu ini aku selalu keinget apa yg terjadi 3 tahun lalu, waktu aku pelan-pelan diajarin Tuhan tentang gimana sikap dalam melayani Dia. Itu adalah momen-momen di kampus, waktu aku terlibat pelayanan dan kerjain sebuah program yang namanya Youth Camp.

Youth Camp 2005 adalah momen awal yg dipake Tuhan buat mengubah hidupku: dari orang kristen yg cuma mikirin diri sendiri dan berpikir kecil, jadi anak Tuhan yg berbelaskasihan sm orang-orang yang bingung dgn hidup mereka. Aku ingeet banget waktu aku merespon altar call 5 thn yg lalu itu, waktu pembicaranya memanggil maju “orang-orang yg mau dipakai Tuhan buat jangkau jiwa-jiwa di kampus”, gimana aku dgn hati yang hancur dan mata yg bengkak terisak-isak berdoa, “Tuhan, I don’t know how; but if You can use anything, You can use me.”

NB: kalo mau ngomongin soal gimana Tuhan ngomong ke aku (dan basicly tentang gimana Tuhan ngomong), bisa panjang lagi deh, 1 post sendiri😉 kapan-kapan dibahas lah yaa..

Lanjut ya..😀

Tahun 2007 itu bersejarah bangetttt dalam hidupku. Karena di tahun itu buat pertamaaa kalinyaaa aku dikasi kepercayaan buat pimpin event (yang lebih tepat dibilang proses, malah), yang mengubah hidupku dulu dan terus dipake Tuhan buat mengubah hidup orang lain. Dan sejak tahun 2005 emang aku jatuh cinta sm acara ini. Itulah Youth Camp.

7 bulan waktu persiapan, bukan waktu yg singkat tapi juga ga lama. Kami harus cari dana ratusan juta dan ditarget peserta yang cukup banyak. Aku bersyukur banget panitia yg kerja bareng aku adalah orang-orang yg luar biasa, cakap dan inisiatif. Lebih-lebih buat partnerku (fyi, ketuanya ada 3, jadi kami main keroyokan ;p) – sampe sekarang kami masih bersahabat. Luar biasa lah! Banyak nangis, banyak ketawa, banyak pusing, banyak kejutan. Indah sekali..

Dan jujur, walopun jabatan itu uda selesai 3 tahun yg lalu, tp segala sesuatu tentang Youth Camp masih ada di hati. Aku masih bersemangat banget kalo ngomongin Youth Camp, dan masih dengan senang hati akan bantu panitia kalo emang diperlukan. I loved Youth Camp with all my heart; I’m loving it still.

Nah.. Bagian tersulit adalah melepaskan. Apalagi sesuatu yg sudah dibangun dengan susah payah, harus dikasi ke tangan orang lain. Sungguh ga gampang.. Ga gampang liat orang lain mengambil kebijakan yg beda sama yg aku buat dulu; ga gampang liat junior-junior yang ‘kurang berpengalaman’ handle acara ini (walopun dulu tentu aku sama ga berpengalamannya sama mereka ;p); ga gampang buat bilang, “Ya terserah Tuhan lah, nanti jadinya gimana.” Sungguh ga gampang.

Tapi senior-senior di kampus selalu titip pesen dari tahun ke tahun bahwa kita mengharapkan angkatan yg baru jadi lebih baik dari angkatan sebelumnya. Dan iman itu harus disertai perbuatan, kan? Karena itu setiap tahun ketua Youth Camp ganti, dan ketua-ketua sebelumnya menaruh pengharapan yang besar atas dasar keyakinan itu.

Aku juga percaya Tuhan yang sanggup pake aku yg ga berpengalaman dulu, tentu sanggup pake siapapun buat melayani Dia.. We had a saying (we still do, btw), “Tuhan ga cari orang yang mampu, tapi yang mau.” How powerful! – karena sebenernya ga satu orangpun mampu di hadapan Tuhan..

Jadi aku masuk satu pelajaran lagi: merelakan apa yg emang bukan hak aku. Lagipula dari awal sampe akhir Youth Camp adalah punya Tuhan; Dia yg atur dari A-Z nya. What is my right anyway? Hehe.. Jadi yasudahlah, biar sekali lagi Tuhan ajarin aku, siapa yg jadi Tuhan dan siapa yg jadi pelayan.

Sebagai kesimpulannya, memang aku cinta banget Youth Camp. Tapi itu cuma acara.. Yang lebih penting adalah orang-orang yang bikin acaranya dan yang ikut acara itu – orang-orang yang akan diubah hidupnya oleh Tuhan begitu mereka ketemu Dia di sana. Jadi Tuhan, terserah Anda. Kalo dulu Tuhan bisa pake aku, sekarang pun Tuhan bisa pake siapa aja buat memenuhi kehendakNya.

Youth Camp 2010: New Heart, New Life, New Me!

2 thoughts on “Cinta Dari Tiga Tahun Lalu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s